Posted by : Trigger Senin, 19 Maret 2012

Arduino Mega adalah sebuah sebuah papan mikrokontroller yang menggunakan chip ATMega 1280. Mainboard ini memiliki 54 Pin Digital input/output, 14 Pin PWM, 16 Pin Analog dan 4 UART. Arduino mega 1280 memiliki semua yang dibutuhkan dalam dunia mikrokontroller kita hanya perlu menghubungkan power supply dari 7VDC sampai 12VDC maksimal karena jika lebih dari tegangan yang disarankan besar kemungkinan Arduino Anda akan rusak. Board ini juga telah menyediakan Port USB, Jack Power Female,header ICSP (In-Circuit Serial Programming) dan Tombol reset untuk lebih jelasnya baca spesifikasi di bawah ini:

MikrokontrolerATmega1280
Operasi Tegangan5VDC
Tegangan input (disarankan)7-12VDC
Input Voltage (batas)6-20VDC
Digital I / O Pins54 Pin (dari 14 yang memberikan output PWM)
Analog Input Pins16 Pin
Arus DC I / O Pins40 mA
Arus DC Pin 3.3V50 mA
Flash Memory128 KB dari yang 4 KB digunakan oleh bootloader
SRAM8 KB
EEPROM4 KB
Clock Speed16 MHz


Ini dia penampakannya keren toh warna biru

Sebenarnya MB ini sudah lama beli di Histla Robotic namun komponen yang lain belum bisa di beli karena dananya kurang hehehe, maklum Angsuran motor belum kelar, bayar kuliah belum lagi jajannya. Rencananya mau di bikin robot line follower untuk pemula seperti saya emang cocok banget la wong saya ini buta dan tuli dalam hal ginian apa lagi dalam hal programingnya weh...weh...weh... orak mudeng. Alhamdulillah dapat rejeki lagi lebih jadi saya belikan komponen yang lainnya seperti motor dc, Sensor Garis, Roda Singel, dan Driver Motor DCnya ini penampakkannya gan

Sensor Line Follower, Roda Singel dan Driver Motor DC(ngBON)

Motor DC kiriman Klinik Robot
Dengan berbahagia hati menyambut kedatangan mereka dan mulailah memusingkan kepala untuk belajar programming mikrokontroller tanpa ada pembimbing satu pun. Sebelum mulai programing test komponen-komponen dulu karena itu penting untuk masa garansinya, komponen satu per satu di cek dan tidak ada satu pun kendala yang menciutkan hati, mulailah belajar programing dengan pemilik toko histla robotik di mulai dari programing motor dc didapat listing program yang sederhana maju-mundur tapi kenapa motor yang kiri tidak berputar secepat seperti yang kanan disini mulai memanas otakku. Berkali-kali mengganti source codenya tetap saja motor kiri berputar dengan lambat, Tak coba googling Spesifikasi komponen Driver motor Cukup besar arus yang di hasilkan dan ketika membaca spesifikasi motor DCnya wowww....keren ternyata harus memakai daya sebesar 6Ampere ya gak kuat drivernya la wong drivernya maksimal 4 ampere orak dadi meneh "Rencana hanyalah rencana,Allah lah yang menentukan"

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

Pages

G-Ardunoid. Diberdayakan oleh Blogger.

Follower

- Copyright © WorldPressure -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -